Indonesian Bboy Championship 2015 Review

IBC 2015 was off the hook! 25 crews. More than 250 bboys.

Indonesia Bboy Championship (IBC) kembali digelar. Adalah Bandung yang kali ini mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah event tahunan yang selalu ditunggu-tunggu oleh bboy dan bgirl seluruh Indonesia. Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2011 di Jakarta IBC dipastikan selalu masuk dalam agenda hampir semua bboy dan bgirl tanah air tiap tahunnya.

IBC 2015, seperti edisi-edisi sebelumnya kecuali edisi perdana, masuk dalam rangkaian acara IOXC (Indonesia Open X-Sport Championship) bersama skateboard, BMX, aggressive inline dan freestyle basket. Mengambil lokasi di Gedung Telkom University  IBC 2015 diadakan selama dua hari pada tanggal 3 dan 4 Oktober 2015. Hari pertama diadakan prelimination untuk semua kategori: crew battle, 1v1 bboy dan 1v1 bgirl. Tercatat 25 crew, 10 bgirl dan lebih dari 70 bboy mendaftar sebagai peserta. Yang terbanyak dalam sejarah penyelenggaraan IBC.

Selain tiga kategori yang dilombakan diselenggarakan pula oldschool exhibtion dimana delapan bboy oldschool: Daud (Jakarta Breakin), Polo (East Rider), Black (Jakarta Breakin), Yandri (Dawnsquad), Malih (Java Breakin), Ronny (Dawnsquad), Boim (South Gank) dan Yara (Senayan Breakers) saling unjuk kebolehan. Mereka adalah bboy dari generasi 90’an akhir asal Jakarta dan Bandung. Sebuah hal baru, karena oldschool exhibition pertama kalinya diadakan di IBC tahun ini di Bandung.

Pada hari kedua tensi kompetisi meninggi, top 16 crew dan solo battle, serta top 4 bgirl battle. Semua peserta yang lolos melakukan usaha terbaiknya untuk memperebutkan total hadiah sebesar lebih dari tujuh puluh juta rupiah. Pada garis akhir helatan, Kreate, Hamdi dan Rabski yang duduk di panel juri memutuskan nama-nama berikut keluar sebagai kampiun IBC 2015:

 

Crew battle:

East Rider Crew

Frezh Motionz Crew

Little Breakin

 

Solo battle:

Kill Bill (Frezh Motionz)

Nasty Son (Bali Breakin)

Wildson (Frezh Motionz)

Zeroski (Frezh Motionz)

Tommy (Aerial)

 

Bgirl battle:

Novie One (Aerial)

Bgirl Pelangi

 

IBC 2015 dinilai banyak pihak sebagai salah satu yang terbaik; jumlah peserta terbanyak dan jumlah hadiah terbanyak adalah dua faktor yang paling banyak disebut sebagai alasannya. Selain itu dari segi penonton edisi kali ini termasuk salah satu yang terbanyak, lebih dari 1500 orang memadati venue pada event IOXC dari Kemenpora tahun ini.

Tak dapat disangkal IBC telah menjadi salah satu event paling besar, bergengsi dan tentunya berperan besar dalam perkembangan  skena breakin di Indonesia dalam lima tahun terakhir. Yang bisa kita lakukan bersama adalah terus mendukung penyelenggaraannya dengan selalu menghadiri IBC dari tahun ke tahun, karena peran penting IBC bukan hanya sebagai ajang kompetisi namun juga sebagai tempat bertemunya bboy dan bgirl dari seluruh penjuru Indonesia untuk bertukar pikiran, pengalaman dan ide, yang bukan tidak mungkin akan menghasilkan sesuatu yang lebih besar lagi di kemudian hari.

Dalam kesempatan ini Bboyindo mengajak kalian semua untuk berpartisipasi untuk menjadikan IBC lebih baik lagi pada edisi-edisi mendatang. Silahkan memberi komentar, masukan ataupun kritik di comment box postingan ini berkaitan dengan penyelenggaraan IBC, khususnya IBC 2015. Cheers!